COMPASS v.4.1: PENUNJUK ARAH PONSEL BERDASAR MATAHARI DAN BULAN


Aplikasi penunjuk arah ini dapat berjalan di ponsel lama, perhitungan berdasarkan pada lokasi (longitude), zona waktu (GMT), dan arah matahari/bulan.

Ada beberapa versi. Lengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs resminya di sini . Untuk ve
rsi terbaru dapat didownload di GetJar: Compass 4.1 (91 kb) .

Setelah diinstal, jalankan aplikasi.
Untuk menentukan lokasi pilih More-Location. Akan terbuka peta dengan kursor yg dpt digeser2 untuk menun
juk lokasi tempat kita berada. Ketika digeser2, maka longitude ikut berubah2 menyesuaikan diri dg lokasi yg diarahkan oleh kursor. Contoh, saya ingin memposisikan kursor pada Kecamatan Bekasi Timur, maka
saya geser2 kursor ke Pulau Jawa sambil mengatur2 agar longitudenya berada pada 6`15 S dan 107`0 E (saya sebelumnya mencari tahu di Peta Kota Bekasi asli, yg menampilkan longitudenya hehe). Setelah sesuai, pilih OK.

Maka akan muncul setting zona waktu menurut GMT. Pilih yang sesuai dengan lokasi yg kita pilih tadi. Saya pilih +7 karena Kota Bekasi berada di zona waktu +7 GMT. Setelah selesai klik More-OK

Terbuka Nama Lokasi. Isi dgn nama lokasi. Contoh, saya isi Bekasi Timur. Klik OK.

Akan ditampilkan diagram berupa lingkaran

. Anda dapat menentukan arah berdasarkan yg ditunjukkan diagram tersebut. N:utara, E:timur, S:selatan, W:barat.
Icon bulan warna kuning adalah matahari, warna putih bulan. Posisi matahari/bulan dpt dilihat di menu Info. Untuk mengetahui arah kiblat shalat, klik More-Destination-Religious-Mecca.

Pos ini dipublikasikan di APLIKASI JAVA, HANDPHONE dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke COMPASS v.4.1: PENUNJUK ARAH PONSEL BERDASAR MATAHARI DAN BULAN

  1. cah angon berkata:

    Azimut dan altitude artinya apa?

  2. djmjg01 berkata:

    @cah angon: azimut adalah sudut yg terbentuk antara arah utara, posisi kita, dan matahari. Altitud: sudut antara ketinggian mthr, kita dan tanah. HEHE NGERTI GA?

  3. Jawa^LUTUNA berkata:

    Hebat, dg kompas ni kita ga perlu GPS yg mahal…bwt hape jadul jg suport

  4. saykoji berkata:

    tapi kalo matahari bulan sami ndak keliatane piye?

  5. djmjg01 berkata:

    Beli aja hape yg ada GPSnya. Gitu aja ko’ repot (ucapkan dengan logat Gus Dur)😀.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s