TIP DAN TRIK OPERA MINI 5 BETA


Opera Mini 5 Tips and Tricks

oleh Dennis Bournique

17 September 2009

Kini sudah 24 jam aku menggunakan Opera Mini 5 Beta pada Nokia N95-ku dan aku tetap terkesan. Aku telah me-loading halaman-halaman yang amat besar pada beberapa tab dan memang versi Beta ini melakukannya dengan sangat baik. Satu hal khusus yang kusuka dari Opera Mini 5 ini dibandingkan dengan 4.2 yakni ia meloading semua gambar pada halaman-halaman yang sangat besar seperti entri Wikipedia USA 1,5 MB yang memiliki 84 gambar. Bahkan dengan tampilan mobile view diaktifkan dan kualitas gambar rendah, 4.2 hanya akan memperlihatkan placeholder abu-abu yang buruk untuk setengah dari gambar-gambar pada halaman itu, tetapi versi 5 menampilkan semua gambar itu bahkan dalam tampilan desk
top view yang di-zoom-in dengan kualitas gambar diset ke tinggi. Aku hanya mengalami satu crash. Browser tiba-tiba lenyap saat meloading sebuah halaman pada tab baru. Di luar itu versi Beta ini sangat solid. Komparabilitasnya dengan bermacam-macam web site nampak bagus. Satu-satunya masalah yang kualami dengannya adalah delicious.com yang mana nampaknya aku tak bisa log in. Mengklik kotak isian username atau password hanya memuat-ulang (reload) halaman.
Aku telah mempelajari trik-trik untuk sebagian besar Opera Mini. Beberapa kutemukan sendiri dan lainnya kutemukan di web.
Pada ponsel non-yartuh (layar sentuh :-):-)) Anda mungkin perlu mematikan “inline editing” (penulisan langsung di kotak isian halaman web). Soalnya hanya triple-tap (memencet tombol tiga kali) sedang pada N95 hal ini berarti satu lusin atau lebih memencet tombol “1” untuk memasukkan simbol-simbol umum seperti “@”,” !”, “=” atau “; “. Lainnya, termasuk “” tak ada sama sekali. Untuk men-toggle “in-line editing” masuk ke Menu > Settings > Advanced > Inline Editing > Off. Ini akan mengaktifkan entri teks gaya Opera Mini 4.2 yang menggunakan pengedit teks bawaan ponsel dengan simbol lengkap dan support T9.
Pada ponsel yartuh tak ada opsi menu menuju Start Page di mana terdapat “speed dial”. Aku yakin ini akan diperbaiki namun untuk saat ini satu-satunya cara menuju Start Page pada ponsel yartuh adalah dengan membuka tab baru.
Opera Mini memiliki kesamaan dengan klik-kanannya Windows. Ini dilakukan dengan penekanan yang lamapada layar pada ponsel yartuh. Pada ponsel yang bukan yartuh bisa dilakukan baik itu dengan menekan tombol “1” atau melakukan penekanan yang lama pada tombol Dpad tengah. Hasilnya ada
lah menu “context” (gambar kanan bawah) dengan pilihan-pilihan khusus ke objek layar yang memiliki fokus. Berikut ini beberapa contoh tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan menu konteks.

  • Pada tombol Speed Dial: pilih “Assign” atau “Edit” dari menu konteks untuk mengedit URL tombol.
  • Di manapaun pada layar: memilih teks untuk dicopy
  • Pada link atau Speed Dial: Untuk membukanya pada tab baru
  • Pada sebuah gambar: men-zoom-nya atau membukanya untuk disimpan dengam browser OS-nya ponsel

Berikut ini sebuah tip yang bagus dari Haavard-nya Opera.

Anda DAPAT meng-copy teks pada halaman web ke aplikasi lain jika ponsel Anda mendukung cut dan paste dari kotak isian edit teks (semua ponsel Symbian Nokia dan sebagian besar Sony Ericssons bisa) Berikut ini caranya:

  1. Nonaktifkan “inline editing” dari menu Setting
  2. Copy-lah beberapa teks menggunakan context menu
  3. Tekan soft key kiri (berlabel “Use”) dan pilih “Search With” dari menu (gambar di atas).
  4. Tekan tombol tengah dan “Edit” kotak isian search
  5. Copy-lah teks tadi ke dalam clipboard sistem menggunakan fungsi copy pada OS ponsel. Pada N95 Anda tahan tombol “pencil”, pilih teks menggunakan Dpad kemudian tekan softkey kanan (berlabel “Copy”).

RSS reader bawaan Opera Mini 4.2 secara resmi belum disupport pada OperaMini 5 namun Anda masih dapat menuju ke sana dengan memasukkan URL, feed:list

Terbiasa dengan menu Settings Opera Mini. Yakni di mana Anda dapat mengubah (toggle) gambar dan mengubah kualitas gambar, mengaktifkan pas dengan lebar tampilan Mobile, men-toggle mode layar penuh (full screen) dan landscape, mengubah ukuran huruf atau menghapus password-password, cookies dan history yang tersimpan. Klik pada “Advanced” dalam “Settings” untuk men-toggle “inline editing”, menyembunyikan bar navigasi pada ponsel yartuh dan mengubah folder halaman2 tersimpan.
Bagi pengguna non-yartuh, jangan lupa shortcut2 satu dua ketik-nya Opmin. Aku telah mendaftarnya di bawah dan juga ada sederet yang tidak lengkap dalam Menu Help.
1 – Menu Konteks
2 – Menggulung ke Atas
4 – Menggulung Kiri
5 – Zoom
6 – Menggulung Kanan
8 – Menggulung ke Bawah
#1 -Memasukkan URL
#2 – Mencari Web
#3 – Menemukan dalam Halaman
#4 – Halaman Awal
#5 – Bookmarks
#6 – History
#8 – Settings
#9 – Halaman-halaman Tersimpan
## – Maju
* lalu 1-9 – Membuka URL Speed Dial 1-9
* lalu 0 – Reload PaHalaman
*# – Mentoggle Landscape
** – Mentoggle Layar Penuh
* lalu ke Atas – Membuka tab baru
* lalu ke Bawah – Menutup tab saat ini
* lalu ke Kanan – tab Berikutnya
* lalu ke Kiri – tab
sebelumnya

Sebagaimana aku sebutkan, aku menemukan banyak tips ini di web. Terima kasih khususnya kepada Haavard, Gerry Moth dan Juliankreuz atas temuan dan membagi tips mereka.

Source:wapreview

Pos ini dipublikasikan di browser ponsel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s