TASTEPHONE: Aplikasi Untuk Memerìksa Memori Ponsel Anda


Satu pertanyaan yg sering diulang2 dalam forum resmi Opera Mini yakni tentang jumlah memori yg diperlukan olh Opera Mini. Sangat dipahami tim OM tdk mengungkapkan banyak detail dan pabrik2 pembuat ponsel biasanya juga tidak memberitahu banyak. Biasanya pada Website2 pembuatnya
hanya menyebut ukuran memori flash ponsel, namun ukuran yg dinamakan heap (RAM) memory hampir tak pernah disebutkan. Lebih2, ini sgt tdk jelas bagaimana heap memory ini dialokasikan untuk tugas2 yg berbeda pada ponsel. Dlm artikelnya, Serola memberikan penjelasan tentang bagaimana bagaimana memori dipergunakan saat menjalankan midlet Java s
eperti Opera Mini.

Salah satu cara mengetahui perincian lbh bnyk tentang ukuran memori flash dan heap yg tersedia adalah dengan menginstal dan menjalankan sebuah midlet Java khusus.
TastePhone merupakan midlet Java yg didesain untuk mengetes fitur2 pada ponsel.
Kunjungi wap.club-java.com/en dengan menggunakan browser bawaan ponselmu kemudian instal midlet tersebut ke dalam ponsel Anda.

Tes dgn TastePhone memiliki dua fase utama. Pertama, dalam tes dasar, Anda memulai midlet lalu pilih bahasa. Kemudian Anda perlu memulai tes yg sesungguhnya dengan mengikuti instruksinya. Saat test dasar, TastePhone menutup antarmukanya selama lima detik kemudian diteruskan lagi setelahnya. Saat tes dasar selesai, Anda mendapatkan halaman penuh info tentang spesifikasi ponsel. Gulung ke bawah sampai Anda melihat ‘Memory detail’. Di situ Anda akan melihat informasi dgn contoh sbb:
Total RAM size (heap): 1024kB = 1.0MB
Free RAM size at startup: 942kB
Free flash (RecordStore) size: 1508367kB =
1473.0MB

Fase kedua tes TastePhone adalah apa yg dinamakan ‘Optional test’. Bila Anda memutuskan untuk menjalankan tes ini, pertama2 Anda akan melihat pilihan untuk mengetes bluetooth, 3D graphics dan real maximum RAM. Jangan pilih dua opsi pertama, lanjutkan dengan real maximum RAM. Siapkan diri Anda untuk menunggu lama, kira-kira setengah menit. Selesai menunggu, Tastephone mencoba untuk terhubung ke Internet dan mengirimkan hasil2 tes ke
TastePhone dataphase. Anda dapat mengabaikannya, namun dgn mengirimkan info itu Anda membantu org lain untuk mengetahui bagaimana kapabilitas ponsel model ini. Jawab pertanyaan dgn yes atau no, terserah Anda, Anda akhirnya melihat hasil finalnya, yg terlihat spt ini:
Total RAM size (heap): 3711kB = 3.6MB
Maximum size allocated before RAM full: 3501kB
Free RAM size at startup: 942kB
Free flash (RecordStore) size: 1508367kB = 1473.0MB

Tes tambahan tiba-tiba mengklaim masih ada RAM yg tersedia. Jumlah total RAM 3.6MB dan ada 1.5GB record store, yg dlm hal ini sgt besar krn ada kartu flash eksternal sdg dipergunakan. Namun apa artinya itu?

Untuk memahaminya kita perlu menjalankan beberapa tes yg lbh serius . Jika kita perhatikan kembali pada hasil tes TastePhone, kita akan melihat sebuah info menarik lainnya:
Advanced functionalities:
Can the midlet pause itself and stay active in the background: Yes/No

Jika “yes”, maka dimungkinkan untuk melakukan hal berikut.

Tutup TastePhone, jalankan Opera Mini, browsing sedikit dan hentikan sebentar/pause midlet tsb. Pada ponsel Sony Ericssones, pause dpt dilakukan dg menekan tombol return (kembali) sebentar. Anda memiliki pilihan, menutup midlet atau me-minimize-nya. Jika Anda me-minimize, maka Anda membiarkan midlet utk berjalan di belakang/background. Kini Anda jg dpt menjalankan midlet2 lainnya atau tugas2 ponsel jika Anda mau.

Jika Anda menjalankan
TastePhone saat OM berjalan di latar blkg/background, Anda mungkin mendapatkan hasil2 yg sangat berbeda2:

Total RAM size (heap): 1279 = 1.2MB
Free RAM size at startup: 237kB
Free flash (RecordStore) size: 1508367kB = 1473.0MB
Total RAM size (heap): 2047kB = 1.9MB
Maximum size allocated before RAM full: 962kB
Free RAM size at startup: 237kB
Free flash (RecordStore) size: 1508367kB = 1473.0MB

Dan jika Anda kembali ke Opera Mini, browse even more, dan kemudian jalankan TastePhone saat OM masih berjalan pada background, Anda mungkin bahkan mendapatkan hasil yg lbh membingungkan. Anda bahkan mungkin berakhir ke dalam situasi saat TastePhone menolak untuk membuka karena tak ada free memory untuk menjalankannya. Namun apa arti semua ini? Jawabannya tidak begitu mudah.

Khususnya pada kebanyakan ponsel Sony Ericsson yg canggih ada yg bernama ‘dynamic memory’ dipergunakan. Oleh krn itu tes dasar memberikan nilai2 yg berbeda tergantung pada midlet apa yg sdg berjalan dan seberapa banyak memori yg diklaim midlet2 ini untuk diri sendiri. Namun ada batas seberapa besar spasi yg diklaim midlets itu dan seberapa banyak yg diberikan ponsel kpd mereka. Contoh pada Sony Ericsson K800i Opera Mini goes kira2 sampai 1MB sebelum ia memutuskan untuk menghapus cache dan start all over. Dan jumlah total dari memori yg dpt digunakan semua midlet sekitar 1.2MB.
Ketika cache OM hmpr penuh, dan menggunakan ukuran midlet OM into account, seluruh memori yg ada sedang dipergunakan. Pada saat itu, jg tdk mungkin utk menjalankan midlet2 lainnya.

Namun mengapa aku tak bisa mendapatkan jumlah total RAM
yg disebutkan dlm tes opsional ke dalam penggunaan? Ini karena ponsel juga perlu menyimpan beberapa memori ke selain tugas2 midlet. Browser bawaan, panggilan telepon dan kamera memerlukan bagian memorinya juga. Pada beberapa ponsel, yg menggunakan struktur memori kurang canggih, midlets akan mati begitu saja saat Anda menerima panggilan telepon. Kesimpulannya adalah midlets tdk perlu diberi izin mempergunakan semua memori yg tersedia.

Catatan: Untuk mengecek memori ponsel juga bs dgn Opera Mini Modif lho…!😀

Pos ini dipublikasikan di APLIKASI JAVA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s