Sistem Kerahasiaan Facebook Ditingkatkan


SAN FRANSISCO–Situs jejaring sosial raksasa, Facebook, akan meningkatkan pemantauan kerahasiaan dan menghapuskan kerangka kerja regionalnya bagi masyarakat online. Keputusan diambil saat layanan jejaring sosial paling kondang di Internet itu meraih 350 juta pemakai.
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan tonggak sejarah dan perubahan itu di dalam keterangan yang disiarkan di “kaplingnya”, Selasa (1/12) malam. Ia mengatakan penampilan kerahasiaan baru akan memungkinkan pemakai menentukan siapa yang boleh melihat gambar, komentar, video, dan bahan lain di penampangan (profile).
“Kami akan menambahkan sesuatu yang telah diminta oleh banyak dari anda –kemampuan mengendalikan siapa yang bertemu dengan masing-masing potongan isi perorangan yang anda ciptakan atau upload,” kata Zuckerberg.
“Untuk membuat ini jadi mungkin, kami telah memusatkan perhatian dengan memberi anda piranti yang anda perlukan guna berbagi dan mengendalikan keterangan anda,” katanya.
Ketika facebook diluncurkan pada awal 2004 sebagai jejaring online bagi mahasiswa Havard agar dapat terus terhubung, model layanan berpusat pada pembagian informasi dengan “jaringan kerja” teman sekolah.
Model masyarakat online tersebut bertahan, dan meluas jadi perusahaan serta wilayah geografis. Kini, separuh pemakai Facebook adalah anggota jejaring regional, dan sebagian wilayah mencakup seluruh negara, seperti India dan China.
“Sebagian jaringan kerja regional ini sekarang memiliki jutaan anggota dan kami telah menyimpulkan bahwa ini bukan lagi cara terbaik bagi anda untuk mengendalikan kerahasiaan anda,” kata Zuckerberg.
“Rencana yang telah kami rancang ialah sepenuhnya menghilangkan jaringan kerja regional dan menciptakan model yang lebih sederhana bagi pengendalian kerahasiaan, tempat anda dapat menetapkan isi yang tersedia hanya buat teman anda, temannya teman anda, atau siapa saja.”
Dalam beberapa pekan ke depan semua anggota Facebook akan diminta mengkaji dan mengubah pengaturan pribadi dalam format baru yang ramping, kata Zuckerberg.

Pos ini dipublikasikan di Facebook, JEJARING SOSIAL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s